culture crash

I am an Indonesian, currently I'm living in both Germany and Italy for my study. I like to observe people and cultures. This is a very interesting phase in my life; that I have the chance to observe both Italian and German cultures with my Indonesian point of view. Here I scribbled everything interesting that I found.

Tuesday, October 16, 2007

Ngutang Pizza di Itali

Hihihi, kok tiba2 banting setir jadi bahasa indonesia, yah :D gapapa, deh, sekali-sekali. Lagian susah juga kayanya cari terjemahan yg pas buat kata ngutang :P

Tapi kalo crita yang satu ini, nih, kaga ada culture crashnya. Soalnya... ternyata bisa, bo, ngutang pizza di pizzeria Itali! Macam ngutang nasi bungkus di warung di Indonesia ajah. hihihi.

Malu banget ini sebenernya ceritanya ^^;;>
Jadi tadi pulang dari kampus, males masak, lumayan laper, tiba2 jadi dapet ide buat beli pizza take away ajah. Pizza Calabrese, yummm! (toppingnya mozarella, bubuk cabe, bawang putih, olive oil. Aneh, ya? sumpah enak, tapi ;D) Jadi mampirlah daku ke Pizzario di deket kampus yang emang strategis juga deket ma setopan bis.

Udah, ni, daku pesen, "Mbak, setengah pizza kalabrese buat bawa pulang, ya, mbak, ya". (Pake bahasa itali atuh originalnya). OK. Menunggu lah daku disitu. Beberapa lama, setelah mbaknya trus mulai bikin pizza, baru lah gw tiba2 punya indra keenam buat nyari dompet gw. Soalnya hari itu lagi pake rok jeans tanpa kantong. Jadi dompet yang biasa berasa nempel di pantat sebelah kanan ngga ada.

Cari punya cari... nggak ada!!! T_T
hueee...paniiiiik! mana kantong receh yang tadinya ada pun justru gw inget gw keluarin dari tas sebelum berangkat tadi.
Tas udah posisinya di lantai + gw jongkok2 ngadul2 segala isinya.
"Mbak, mbak, maap, mbak", kata gw akhirnya setelah yakin itu dompet nan tebel dan gede ngga mungkin bisa nyelip2 dan ngga keliatan di tas gw. Yang berarti gw ga ada duit buat bayar ni pizza >.< Si mbak-nya nengok, doski lagi sibuk bikin pizza pesenan gw T_T

"Mbak, dompet saya kayanya kelupaan di rumah, deh, mbak", tampang gw udah berasa kaya mo nangis aja, muka berasa panas, pasti merah banget,deh, ih. "Bisa dibatalin aja, ngga, mbak, pizzanya?". Hueeee, maluuuuuuuuuuuuuu >.<

"Oh, kenapa? ngga usah. Bayarnya ngga usah sekarang ngga papa, kok. Tinggalin nama aja di kasirnya, ntar bayarnya besok ato kapan kamu maunya aja"
"ha?", rada bengong, ohh, bisa?, "oh, gitu? ngga dibatalin aja, mbak?"
"Ngga, ngga papa kok, tinggalin nama aja. Bayarnya kapan kamu mau aja"
"Bisa gitu?", masih keukeuh ngga percaya. Di Indo aja daku kayanya ngga pernah deh ngutang di warung. ngutang ke temen yang gw suruh bayarin dulu buat gw sih pernah ^^ (ato sering? :P)
"Iya, ngga papa", si mbaknya udah mulai senyum2, tampang gw bingung banget kali ya? ^^
"ohh...", gw akhirnya ngangguk-ngangguk balik nunggu lagi.
Maluuuuuuu...
Trus gw tulis, deh, di kertas nama gw, alamat, no telp, gw kuliahnya di jurusan apa, nomer mahasiswa gw. Biar mbaknya yakin gituh gw ngga bakalan ngga bayar. Maluuuuuu T_T
Pas akhirnya selese tuh pizza, daku kasih, deh, itu kertas. Tapi mbaknya cuma, "oh, ngga usah, cuma butuh namanya ajah kok". Terus doski bikin bonnya, ambil kertas kecil, nulis nama gw, trus bonnya diceklek (formalnya: diokot xD) ke kertas itu, sambil ngembaliin kertas berisi info lengkap gw, "Udah gini aja, kok".

Hueee, daku antara seneng dapet pizza nan wangi, malu + tengsin beraat, tersepona ama mbaknya yg baek hati... hiks hiks hiks

Jadi...begitu sodara-sodara pengalaman pertama (semoga yg terakhir juga, plz plz plz) daku ngutang pizza di Itali T_T
Btw, berhubung gw terkesan sekalihh, plus pizzanya emang enak banget ;D, ini nihh pizzeriaku tersayang itu :
Pizzario Via Della Resistenza 9 / A, +39 461 811555
Delivery bisa, loh. tapi kayanya ngga sampe indo, deh :P

9 Comments:

Blogger aa said...

Hi there, Lite! :)
Ok, gw kira2 udah bisa ngebayangin gimana paniknya dirimu, lengkap plus gayanya. "maaf ya, mbak.. maaf banget.. ma..'aaaaf bangeeet... hueee... >_<; "
Lebaran2 gini, ko makan pizza. Cari opor ayam dong, UC, kupat sama sambel goreng. Kalo perlu masak sendiri, trus bagi-bagi ke bule-bule disana. Sekalian promosi daerah wisata kuliner di Indonesia. Kita juga punya pizza, kan? Isinya bisa pake telor ayam atau telor bebek. Namanya martezza.. (martabak telor pizza.. hehehe.. mekso..)
Btw, skrg udah dibayar, blum?

3:51 AM  
Blogger lite said...

Agskibaaaaaaannn!!!! <3333
Waaa, kok bisa nemu, gung??
Ihiiii, kangen, dehh, ihhh :')

Iyahhh, kok bisa, sih, dikau pas banget ngebayanginnya ^^;;> Iyah, begitu itulah bentuk gw kemaren >.< jadi malu.. ="> sering banget, kah, gw begitu malu2innya >_<
hihihi.

Iyahh, gung, gimana, yah. pas lebaran kemaren masak2 sebenernya ma anak indo disini, sukses ada opor, rendang, ma sambel goreng ati. Masak sendiri, atuh, keroyokan. ngga bisa impor soalnya :P

Tapi boro2 deh mo bagi2 ke bule2 ato dimakan di H+ berapa kaya kemaren ini. Pas makan itu ajah perang sodara, hihihi

Iyah, gw pernah bikinin itu martezza (keren, hihihi, namanya. ntar gw pake ah ;D) yang pake supermi buat anak itali. Dia suka loh ;D

btw, beluum,blum dibayar >.< belum buka pizzerianya. Pssstt...jangan bilang2, ya >.<

Kok jadi surat panjang lebar beginih ya komennya, hihihi. pokoknya, kangeeeeeeeeeeeenn, gung! Tengkiuuu dah komennnn <3333
Mana, nih, blog dikau? biar bisa dikomenin ngga jelas ma gw, hihihi.

12:16 PM  
Blogger Rika The Lost Wanderer said...

Ugh, gambar pizza nya ga ada, pengen liat >.<
itu kok jam 2-6 tutup? emg gtu ya disono?

6:27 PM  
Blogger ted said...

hihhihi.. saya bisa bayangin mbak yusi kebingungan ... hehe ... ceritanya lengkap sih ...

ngutang yang laen bisa ngga :D kartu kredit nya cuman nama ternyata :D

12:50 PM  
Blogger Ismail Habib said...

Wehehehehe...

Sepertinya bukan tipikal cerita yang "aneh" buat Yusi. Entah aku pernah menyaksikan kejadian seperti ini sebelumnya apa ngga, tapi kok gampang banget memvisualisasikan ceritamu ini ;D

Kapan aku diajak makan pizza disitu?

Habib: "Pesen pizza yg paling gede selusin Mbak"
Mbaknya: "Silakan" (seneng ada yg ngeborong)
Habib: "Bisa pinjem kertas itu Mbak?"
Mbaknya: "Buat apa?" (sambil ngasih kertas)
Habib: (Nulis sesuatu terus pergi sambil bawa pizza yg dibeli tadi tanpa bayar)
Mbaknya: (Bengong, trus liat tulisan di kertas tadi)

Tertulis:
"Yusi Ramadian"

Makasih Yus! ;D

5:05 PM  
Blogger lite said...

@rika
wah,iya.tadi sempet search ke google tp ga ada imej calabrese yg bener. ntar la ya, kapan2 banget kalo niat banget banget gw potoin, hihihi (soalnya kalo udah ada pizzanya ngga bakal deh sempet dianggurin untuk memberi kesempatan nginget, "eh, dipoto dulu" ;P)
iyah, disini kalo tempat makan, ya, bukanya pas jam makan, doang =D
Orang itali gitu, loh, rik.
jam kerja harus efisien.
biar sisanya untuk tidur siang + sante2 ;D

@Sandy
hehehe, aduhh, jadi maluuu. jangan pake dibayangin dong >.<
di pizzeria itu cuma jual pizza, minuman kaleng2an, sama ada dessert kotakan gitu. mo ngutang yg mana, sand? xD
iyah, jadi ngga enak hati, padahal nama gw ditanyain kmn2 jg belum tentu ada yg kenal ^^

@habsqi
hueeeee, habsqiii,... >_<
jadi bener, ya, daku sering malu2in T_T
ehh, tapi, habsqi ihh, sok sok ngga ngaku, kan kita biasanya kalo ngutang emg barengan. itu tuh, di warung makan "terserah" paporit kita, hihihi ;D
[ehh, btw, ituuu, emoticonkuhhh, kok dibajak. suka, yaaa? ;D]
Ayo, ayo, sekarang juga boleh! Ayo, bib, linds, kita makan di Pizzario! gw tunggu di setopan bis piazza Manci, yaaa ;D
hihihi, skenario yg terakhir itu ada beberapa kejanggalannya, bib.
1. Sejak kapan, bib, mbaknya bisa bahasa indo? ;P
2. Harus dispesifikasiin dulu dong mo beli pizzanya pizza apa. Kan bukan beli baju lusinan, hihihi :P
3. Mbaknya pasti langsung protes begitu liat nama gw,
"Ih, bo'ong. Kok, ngga cantik kaya biasanya? Yang biasanya itu lebih tinggi pula", mwahahaha xD
Just Kidding, bib! (bukan Jusuf Kalla,loh, ya ;D )

5:48 PM  
Blogger dzaia-bs said...

alow mbak,

waduh, cerita pizza-nya bikin ngiler aja...
btw, tengkyu dah mampir ke blog saya :-)
btw lagi, nama temennya yg di Taiwan siapa ya? kali2 aja saya kenal

2:22 PM  
Blogger Ismail Habib said...

Yusi... (dengan tampang serius)

Detail memang penting... tapi untuk kali ini tolong diabaikan saja yah.

6:14 PM  
Blogger lite said...

waa, udah lama ga ngecek, sorry sorry

@dzaia bs
waa, maap la, ya, udah bikin ngiler dengan tak bertanggungjawab. untung saya jauh, jadi susah dituntutnya xD
tengkyu juga udah ke blog saya yg ga jelas ini, hihihi.
temen saya itu cuma nemu di online game gitu kok, jadi kayanya ga mungkin kenal deh xD

@habs
Habib...
*dengan tampang serius juga*
...ohh, gitu to ;P

10:13 PM  

Post a Comment

<< Home